fuga mobilya
fuga mobilya
fuga mobilya
fuga mobilya
fuga mobilya
fuga mobilya
fuga mobilya
fuga mobilya
fuga mobilya
fuga mobilya
fuga mobilya
fuga mobilya
fuga mobilya
AL- AHWAL AL-SYAKHSIYYAH (AS)

Acara Wisuda Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Wali Sembilan Semarang

Suasana Gedung Kampus SETIA Wali Sembilan yang rindang dan Sejuk.

Kegiatan Para Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Wali Sembilan Semarang

AL- AHWAL AL-SYAKHSIYYAH (AS)

Cetak PDF
PROGRAM STUDI
AL- AHWAL AL-SYAKHSIYYAH
(AS)

IDENTITAS PROGRAM STUDI
  • Program Studi (PRODI)    :  Al Ahwal Al Syakhsiyyah (AS)
  • Jurusan/Departemen    :  Syari’ah
  • Perguruan Tinggi    :  Sekolah Tinggi Agama Islam Walisembilan Semarang
  • Nomor SK pendirian PRODI (*)    :  SK No. 77 Tahun 1989
  • Tanggal SK pendirian PRODI    :  12 April 1989
  • Pejabat Penandatangan SK Pendirian PRODI    :  Menteri Agama RI
  • Bulan & Tahun Dimulainya
  • Penyelenggaraan PRODI    :  26 September 1984
  • Nomor SK Izin Operasional (*)     : Dj.II/57/2004
  • Tanggal SK Izin Operasional    : 6 April 2004
Visi
Membangun generasi islam yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa, mengembangkan ilmu dan pemikiran hukum Islam (syariah) berdasar intelektualitas, profesionalitas, berdedikasi, prestasi tinggi dan siap menghadapi globalisasi dengan semangat keteladanan dan menyentuh kepentingan masyarakat

Misi
  • Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam mempersiapkan Sarjana yang profesional di bidang hukum Islam
  • Mewujudkan pembelajaran karakter Islami yang mampu mengaktualisasikan diri dalam masyarakat
  • Meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme tenaga ahli di bidang hukum islam sesuai dengan perkembangan dunia zaman
  • Menyelenggarakan tata kelola PTAIS yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel


Tujuan

  • Terselenggaranya proses pendidikan dan pengembangan ilmu syariah, khususnya di bidang hukum keluarga (Al-Al-ahwal As-syakhshiyyah) sejalan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat
  • Menyiapkan peserta (mahasiswa) menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau menciptakan pengetahuan hukum islam khususnya di bidang hukum keluarga (Al-ahwal As-syakhshiyyah) sejalan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat
  • Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan hukum islam, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat, dan memperkaya kebudayaan nasional
  • Terwujudnya pusat kajian hukum islam dalam rangka pengembangan peradaban islam untuk menjawab tantangan zaman


Sasaran program studi Al-Ahwal AL-Syakhsiyyah SETIA Walisembilan adalah :

  1. Terciptanya proses pendidikan dan pengembangan ilmu syariah, khususnya di bidang hukum perdata islam (Al-ahwal As-syakhshiyyah) sejalan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat
  2. Terciptanya peserta (mahasiswa) menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan / atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau menciptakan pengetahuan hukum islam khususnya di bidang hukum perdata islam (Al-ahwal As-syakhshiyyah) sejalan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat
  3. Terciptanya pengembangkan dan penyebarluaskan ilmu pengetahuan hukum islam, serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat, dan memperkaya kebudayaan nasional
  4. Terciptanya pusat kajian hukum islam dalam rangka pengembangan peradaban islam untuk menjawab tantangan zaman

 

Sumber Daya Manusia

Dosen Tetap

No.

Nama Dosen Tetap

NIDN**

Tgl. Lahir

Jabatan Akademik

Gelar Akademik

Pendidikan S1, S2, S3

dan Asal Universitas

Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan

Ali Imron

20070070023

30 Juli 1973

Lektor

Dr

S3 Hukum Undi[


Muhamad Kolim

19990090018

12 April 1961

Asisten

Drs

SH

M.Hum

Syariah IAINU Surakarta

Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro

Peradilan Agama

Ilmu Hukum

Magiter Ilmu Hukum

Afif Noor

19980070020

15 Juni 1976

Asisten

S.Ag

SH

M.Hum

IAIN Walisongo

Universitas Sultan Agung Smg

Universitas Diponegoro

Ahwal Al-Syahsiyah

Ilmu Hukum

Magester Ilmu Hukum

Mat Munthohar

19970090019

4 Mei 1962

Asisten

SH

M.Pd

Universitas Diponegoro

Universitas Negeri Semarang

Ilmu Hukum

Manajemen Pendidikan

Fadil Hamim

19970090015

1 Januari 1967

Asisten

S.Ag,

M.Ag

Syariah IIWS

IAIN Walisongo

Peradilan Agama

Pendidikan Islam

M. Mushonef Yahya

19920090013

6 Oktober 1965

Asisten

Drs.

MSI0

Syariah IIWS

Pascasarjana IAIN Walisongo

Hukum Islam

Abd. Basyid

19910090008

1 Nopember 1963

Asisten

Drs

M.PdI

Syariah IIWS

UNU Surakarta

Peradilan Islam

Magister Pendidikan Islam

A. Hambali

19900090007

2 Nopember 1959

Asisten

Drs

M.PdI

Syariah IAIN Walisongo

UNU Surakarta

Peradilan Islam

Magister Pendidikan Islam

Muhyiddin

19990090016

28 Pebruari 1955

Lektor Kepala

Drs.

M.Ag

Syariah IAIN Walisongo

IAIN Walisongo

Qodlo

10.

Imam Asyrofi

19910090022

21 Nopember 1974

Asisten

S.Ag

Syariah IAIN Walisongo

Muamalah Jinayah

Data dosen tetap yang bidang keahliannya di luar bidang PRODI:

No.

Nama Dosen Tetap

NIDN**

Tgl. Lahir

Jabatan Akademik***

Gelar Akademik

Pendidikan S1, S2, S3  dan Asal Universitas*

Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan

Karwanto

2008009052

Indramayu, 16 Mei 1977

Lektor III/d

Dr.

Univ. Negeri Malang

Manajemen

Khasnah Syaidah

2008009055

Jepara, 07 Agustus 1970

Lektor III/d

Dr.

S3 UIN Jakarta

Islamoc Studis

H. Djoko Asruri,

1998009005

Boyolali, 06 Desember 1950

Assisten III/a

M.Pd

S2 Unnes

Manajemen

Munthaliah,

2003009016

Jepara, 14 Agustus 1967

Lektor III/b

Dra. M.pd

S2 UIN Jakarta

Pendidikan

Nurkholis,

2005009025

Grobogan, 15 Mei 1965

Assisten III/a

Drs, M.Ag

S2 IAIN Walisongo

Pendidikan


Dosen Tidak Tetap

No.

Nama Dosen Tidak Tetap

NIDN**

Tgl. Lahir

Jabatan Akademik***

Gelar Akademik

Pendidikan S1, S2, S3  dan Asal Universitas *

Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan

Prof. Dr. H.M. Amin Syukur, MA


Gresik, 17 April 1952

Guru Besar

Prof.Dr.

S.3 IAIN Suka

Etika Tasawuf

Prof. H. Abdurrahman, P.Hd.



Guru Besar

Prof.Dr.

S.3 UCLA Los Anggles

Islamic Studys

Prof.Dr. H. Abd.Jamil, MA


Kudus, 15 April 1957

Guru Besar

Prof.Dr

S.3 IAIN Suka

Filsafat Islam

H. Abu Hafsin, P.Hd.


Kuningan, 6 Juni 1969

Lektor Kepala

Dr.

S.3 Mahidol Thailand

Islamic Studys

Dr. H.Noor Ahmad, MA


Kudus, 18 Februari 1957

Lektor Kepala

Dr.

S.3 IAIN Suka

Hukum Islam

Dr. H.Djamaludin Daris, MA



Lektor Kepala

Dr.

UIN Syarif Hidayatullah

Pendidikan Islam

Prof.Dr.H.Abdul Hadi,MA



Guru Besar

Dr.

S.3 IAIN Suka

Hukum Islam

Dr. Hj. Sukaesih M.Pd.


Semarang, 02Februari 1957

Lektor Kepala

Dr.

S.3 IKIP Bandung

Pendidikan

Dr. H. Zuhad MA


Magelang, 10 Mei 1956

Lektor Kepala

Dr.

UIN Syarif Hidayatullah

Filsafat Islam

10.

Dr. H. Abd. Muhayya,MA


Jepara, 18 Oktober 1962

Lektor Kepala

Dr.

UIN Syarif Hidayatullah

Filsafat Islam

11.

Drs. H. Syafi’i, AMS,MM


Kudus, 12 Juni 1946

Lektor Kepala

MM

S.2 Unisbank Semarang

Manajemen

12.

Drs. H. Muslam, M.Ag.M.Pd.


Jepara, 05 Maret 1966

Lektor

M.Ag.,M.Pd

S.2 IAIN Walisongo dan UNNES

Pendidikan

13.

Drs. H. Muhlisin, SE,M.Ag. MM


Demak, 04 Maret 1962

Lektor

M.Ag., MM

S.2 IAIN Walisongo dan USM

Pendidikan

14.

Drs. Imron Rosyadi, M.S.I


Purwokerto, 09 Januari 1959

Asisten Ahli

M.S.I

S.2 UGM Yogyakarta

Bahasa Inggris

15.

Zulaikhah, M.Ag.


Grobogan, 31 Januari 1976

Asisten Ahli

M.Ag.

S.2 IAIN Walisongo

Pendidikan Islam

16.

HM.Fatkhuronji, M.Pd.I


Grobogan, 12 Sept. 1971

Asisten Ahli

M.Pd.I

S.2 Surkarta

Pendidikan Islam

17.

Drs. HM.Chabib Toha, MA


Wonogiri, 14 Agustus 1955

Lektor Kepala

M.A.

S.2 Suka

Pendidikan Islam

18.

Drs. HM. Amin Nudin Sanar, MM


Kab. Semarang, 1 April 1951

Lektor kepala

MM

S.2 UPIAI

Manajemen

19.

Sukandar, ST, MT


Demak, 18 Agustus 1974

Asisten Ahli

MT

S.2 UGM

Magister Teknik

20.

Iman Fadilah, MS.I


Brebes, 25 Oktober 1982

Asisten Ahli

M.S.I

S.2 IAIN Walisongo

Hukum Islam

4.6  Tenaga Non kependidikan

No.

Jenis Tenaga Kependidikan

Jumlah Tenaga Kependidikan dengan

Pendidikan Terakhir

Unit Kerja

S3

S2

S1

D4

D3

D2

D1

SMA/SMK

1

Pustakawan

-

-

-

-

1

-

-



2

Laboran/ Teknisi/ Analis/ Operator/ Programer

-

2

1

-

-

-

-



3

Administrasi

-

-

4

-

1

-

1

2


Total

-

2

5

-

2

-

1

2


 

Kurikulum

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.

Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Kompetensi utama lulusan Porgram Studi Al Ahwal Al Syakhsiyyah adalah :
Generasi islam yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa, mampu mengembangkan ilmu dan pemikiran hukum islam (syariah) berdasar pada intelektualitas, profesionalitas, berdedikasi, prestasi tinggi dan siap menghadapi globalisasi dengan semangat keteladanan dan menyentuh kepentingan masyarakat

Kompetensi pendukung lulusan Porgram Studi Al Ahwal Al Syakhsiyyah adalah :

  1. Generasi islam menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau menciptakan pengetahuan hukum islam khususnya di bidang hukum keluarga (Al-ahwal Al-Syakhsiyyah) sejalan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat
  2. Generasi Islam yang mampu mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan hukum islam, serta menggunakannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat, dan memperkaya kebudayaan nasional

Kompetensi lainnya/pilihan lulusan

  1. Generasi Islam yang mampu menjadi pengacara dalam bidang hukum perdata islam (Al Ahwal Al Syakhsiyyah)
  2. Generasi Islam yang mampu menjadi pengacara dalam bidang hukum pidana islam (Jinayah Siyasah)

Catatan: Pengertian tentang kompetensi utama, pendukung, dan lainnya dapat dilihat pada Kepmendiknas No. 045/2002.

Camiler hakkinda Bilgiler Turk ve musluman alemlerinin ibadet haneleri olan camiler yuksek minareli ve kubbelidir ic dizayn olarak buyuk avizeler ve yerlerde cami halisi bulunmaktadir bunun ile birlikte camilere ayakkabi ile girilmesi yasaktir ve kis aylarinda cami icerisinde soguktan korunmak icin yerden isitmali cami halilari kullanilmaktadir bir cok din de oldugu gibi muslumanlar icinde camiler ibadet hane olarak en gozde mekanlar arasindadir tarihi mimarilere sahip olan onlarca cami her yil binlerce turist agirlamaktadir. Cami Halilari Musluman aleminin ibadet hanesi olan camilerde kullanilan halilara cami halilari denir genellikle camiler icin tercih edilen cami halilari seccade seklinde desenli olmaktadir yerden isitmali camiler ve klorifer isitmali camilerde tam uyum ile kullanilmaktadir genel olarak eski cenaze halilari ile hali ihtiyacini gideren camiler artik cami halisi olarak seccade modelli cami halilarini kullanmaktadir buna ek olarak kesme yolluk halilarda mevcuttur.
Ukash: Dijital Kart Sistemi Gundelik hayatta yasantimizi kolaylastirmak adina bankalardan alinan kartlar ve kredi kartlari vardir. Bunlarin ozellikleri ise yanimizda nakit paranin yarattigi tedirginliklerden dolayi bu tur kartlarin kullanimini on plana cikarmistir. Artik internet uzerinden de yapilan alisverisler nedeni ile bu kartlar internet sitelerinde de kullanilabilmektedir. Gunluk hayatta kullandigimiz kartlarin internette ne kadar guvenli olacagi ise insanlarin cogunu supheye dusurmektedir. Bu durumda insanlarin internet uzerinden yapacaklari herhangi bir parasal alisveris icin ukash sizlere cozum uretmektedir. Bu cozum icerisinde de ukash dijital kart sistemi sizlere cozum olarak sunulmaktadir. Sizin icin gelistirilen bu sistem de ise siz artik internet uzerinde para yerine ukash kullanabilmektedir. Dijital sistemin kullaniminin daha guvenli olmasi ve her daim internet uzerinden tam guvenli ukash sistemi ile iciniz rahat bir sekilde internet sitelerinden alisveris yapabilmektesiniz. Binlerce satis yapan internet sitesinde de kullanimi olan ukash ile guvenli alisveris ve cevrimici oyunlarda kullanabilmektesiniz. Bu sayininda her gecen gun artmasi ukash dijital kart sisteminin guvenliginin de taninmasi acisindan yayilmakta ve herkesin bu sistem ile guvenli alisveris yapmasini saglamaktadir. nternet uzerinden kredi karti dolandiricilarinin da cok olmasi ve bu olay ile bas basa kalmamak icin onlem almak adina yol ariyor alabilirsiniz. Bu yolu ararken de elbette bircok kisinin deneyimi icerisinde guvenle alisveris yapilan ukashi kullanmak her zaman insanlarin internette parasal islemlerini yaparken guvende hissetmesine ve hicbir sorun yasamadan alisveris yapmayi saglamaktadir. Ukash kullanmak icin ise sizlerinde internette alisveris yapma isteginizin olmasi ya da internette cevrimici oynanan oyunlar icin gerektiren paranin da gene ukash ile saglanarak son derece guvenli bir ortamda bu sistemde sanal ortamda ukash kullanarak gereksinimler giderilebilmektedir. Cami halisi modelleri Musluman dunyasinin degerlerinden biri de camilerdir. Bu camilerin kullanimlari ise hem Musluman ulkelerde hem de Musluman olmayan ulkelerde bulunmakta ve Muslumanlarin bir kulturu olan camileri hem kullanimlari icin hem de kimi zaman kulturel bir deger olarak kullanima acmaktadirlar. Burada camilerde en degerli olan elbette icerisinde bulunan kulturel ogelerdir. Bu kimi zaman bir mozaik olarak gorunmekte kimi zaman da bir cami halisi ile bu goruntuyu tamamlamaktadir. Burada cami halilarinin modellerinin cok cesitli olmasi ve her daim bu motiflerin uzerlerinde namaz kilinacak amaci ile bulunmasi temiz olmasi gerekmektedir. Burada yolluk hali nin kendinin temiz olmasinin yaninda temiz gorunen ve bakildiginda cok karmasik olmadan bulunmasi onemlidir. cami halisi modelleri icerisinde bulunanlarin icinde en cok motifleri ile cami icerisinde bir duzen saglayan halilar camiler icin cok daha uygun olmaktadir. Cami icerisinde namaz kilarken yan yana bulunulmasi ve bu siranin duzenli olmasi goruntu acisindan da bir ahenk olusturmaktadir. Cami halisi modelleri arasinda bu nedenle dikdortgen, bir insanin rahatlikla namaz kilacak boyutlar bulunan geometrik desenlerinin bulunmasi gayet guzel bir goruntu cizecektir. Bunun yaninda cami halilarinin illa geometrik bir desene ya da icerisinde motif olmasina da gerek yoktur. Camilerde ozen gosterilmesi gerekilen noktanin temizlik olmasi nedeni ile bu noktada secimlerimiz sade olmasi da cami icerisinde iyi duracaktir. ozellikle yesil tonlarinda bulunan sade bir cami halisinin her cami ile uygun olacagi da bilinmektedir. Duz renkte bulunan bir halida camiye uygun bir sekilde en kisminin belli araliklar ile isaretlenmesi olusacak duzgun bir sira icin uygun bulunmaktadir. Bunun disinda ise cami halilarinda uygun gorulen en iyi motifler lale motifleri ve icerisinde kabe detaylari bulunan halilar olmustur. Cialis etkileri Cinsel guc arttirici etkisi olan cialis ilacinin etkilerinin uzun sureli olmasi kullanicilarinin tercih etme sebeplerinden biri olmaktadir. Cialis etkisi ise erkekler de kullanilmak uzere tasarlanmistir. Bu nedenle erkeklerin bu ilaci cinsel guc arttirici olarak kullanmalari dogru olmaktadir. Bu nedenle de toplum icinde kendini stres altinda hisseden ve bu nedenle cinsel anlamda kendini eksik hisseden tum erkeklerin kullanmasi gerektikleri bir ilactir. Bu ilacin iceriginde bulunan hicbir urun ise zararli degildir. cialis ilacinin etkilerinin gorunmesi icin ise mutlaka dozunda kullanilmasi gerekmektedir. cok etkili bir ilac olmasi nedeni ile erkeklerin bu ilaci bir adet has disinda kullanmalari sakincali bulunmaktadir. Bu sakincanin sebebi ise tamamen saglik acisindandir. Bu ilacin etkilerinin 36 saat gibi uzun surelerde yasanmaya devam etmesi sebebi ile bir adet hap alinmasinin disinda fazla alinmamasi gerekmektedir. Cialis etkisini 36 saat gibi uzun bir sure surmesinden dolayi artarda alinmasi durumunda da iki ilac arasinda en az 36 saat gecmis olmasi gerekmektedir. Cialis etkisinin cok guclu olmasi ise erkeklerin bu ilaci cok sik tercih etmesine ve kullanmalarina sebep olmaktadir. Bu nedenle erkeklerin saglik acisindan yasadiklari bu sorunun ustesinden bir ilac ile gelmeleri icin cialis tam da aradiklari ilac olmaktadir. Cinsel konularda utangac olan Turk halkinin erkekler acisindan sorunu kulaktan kulaga buyurken bunun cozumunun de artik bir ilac ile mumkun oldugu bilinmektedir. Sizler de eger cinsel anlamda guc sorunu yasiyorsaniz mutlaka bu ilaci sevdiklerinize tavsiye etmeli ve her zaman bu ilac ile her seye yeni bastan baslamaya hazir olmalisiniz. Erkeklerin bu ilac ile her zaman cinsel anlamda guclu ve saglikli hissetmeniz icin sizlere yol gosterecektir.
ukash
ukash p0-5